Wednesday, January 12, 2011

Pimsleur

Sekarang lagi sangat tertarik belajar bahasa, berhubung sadar kemampuan bahasa saya sangat minimalis, dan tadi membaca d kaskus tentang Pimslur.
Pimsleur adalah metode pembelajaran bahasa asing yang berdasarkan 4 aspek, yaitu antisipasi, mengingat, kosakata utama, dan balajar secara alami.
Pimsleur merupakan pengajaran bahasaasing yang berbasis audio, dimana pendengar disuruh mengulang apa sajayang telah mereka dengar sebelumnya secara berulang-rulang.
"Siapa penemu metode Pimsleur?:"Pimsleur merupakan gagasan dari Paul Pimsleur, namun sekarang Pimsleur dikembangkan lebih lanjut oleh Simon& Schuster Inc.
Dr Pimsleur menghabiskan sebagian besar hidupnya mengajar dan meneliti bahasa, dan merupakan salah satu ahli terkemuka di dunia dalam linguistik terapan. Setelah memperoleh gelar Ph.D. di Perancis dari Columbia University, ia mengajar Perancis Fonetikdan fonemik, dan diawasi laboratorium bahasa di UCLA. Ia pun melanjutkan kuliah untuk memperoleh gelar Profesor Roman Bahasa dan PendidikanBahasa. Kini ia menjadi Direktur Pusat Mendengarkan di Ohio State University, Profesor Pendidikan dan Bahasa Romance di Universitas Negara Bagian New York di Albany, dan dosen Fulbright di University of Heidelberg."
Simon & Schuster Inc adalah sebuah divisi dari CBS Corporation. Perusahaan tersebut bergerak dalam usaha penerbitan yang didirikan di New York pada tahun 1924 oleh Richard L. Simondan M. Lincoln Schuster."
Metode pengajaran:"
[*]Siswa mendengarkan rekaman dari penutur asli berbicara frase, baik dalam bahasa asing dan bahasa yang digunakan untuk mengajar/bahasa yang dikuasai siswa (biasanya bahasa Inggris).
[*]Pada interval waktu yang bervariasi, siswa diminta untuk mengulangi kalimatyang telah siswa tersebut dengarkan
[*]Setelah diulang-ulang, siswa kemudian diperkenalkan dengan frase baru.
[*]Setelah mengulangi beberapa kali, siswa diminta untuk mengulangi frase sebelumnya dan frase yang baru saja iapelajari.
[*]Frase lama akan diulang-ulang dengan periode yang acak bersamaan dengan frase baru. Biasanya pengulangannya dilakukan berdasarkan kemiripan makna antara kedua frase (Frase lama dan baru) tersebut.
"Prinsip pengajaran:"
[*]Antisipasi
Kursus Bahasa umumnya meminta siswa untuk mengulangi setelah instruktur menyampaikan suatu frase. Menurut Paul Pimsleur itu adalah cara belajar pasif. Pimsleur mengembangkansebuah metode berupa "tantangan dan tanggapan", di mana seorang Siswa diminta untuk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa target, yang kemudian dikonfirmasi. Teknik ini dimaksudkan agar siswa lebih aktif belajar, siswa butuh berpikir sebelum menjawab. Pimsleur mengatakan prinsip antisipasi tercermin percakapan nyata di mana seorang pembicara harusmengingat frase dengan cepat.
[*]Mengingat
Mengingat adalah metode belajar kosakata yang diharapkan akan diingat siswa dalam waktu yang lama. Ini adalah versi retensi melalui pengulangan spasi. Misalnya, jika seorang siswa belajar kata deux (Perancis untuk dua), maka deux diuji setiap beberapa detik pada awalnya, kemudian setiap beberapa menit, kemudian setiap beberapa jam, dan kemudian setiap beberapa hari.
[*]Kosakata utama
Metode Pimsleur berfokus pada pengajaran kata-kata yang umum digunakan dalam rangka membangun pemahaman dari "kosakata utama". Simon & Schuster memproduksi 60 kaset / CD program (empat modul dari 15 kaset / CD masing-masing). Ke 60 kaset itu tidak terlalu membahas kosakata secara terperinci, hanya terfokus pada kosakata yang lazim digunakan. Pimsleur mengklaim metodepaling efektif adalah motode bagaimana penutur asli belajar tata bahasa ketika mereka anak-anak, yaitu tidak terlalu mempedulikan tata bahasanya.
[*]Balajar secara natural
Metode ini menggunakan format audio karena Pimsleur berpendapat bahwa mayoritas siswa belajar untuk berbicara dan memahami. Paul Pimsleur merasa bahwa keterampilan mendengar sangatberbeda dengan ketrampilan membacadan menulis. Karena itu ia mencoba menciptakan pembelajaran yang natural yaitu mempelajaro tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan secara bersamaan."Bahasa yang diajarkan melalui metode pimsleur:"Sampai sekarang Pimsleur telah mencakup 45 bahasa asing, antara lain:
[*]Albanian
[*]Eastern Arabic
[*]Egyptian Arabic
[*]Eastern Armenian
[*]Western Armenian
[*]Cantonese
[*]Chinese (Mandarin)
[*]Croatian
[*]Czech
[*]Danish
[*]Dari
[*]Dutch
[*]Farsi(Persian)
[*]French
[*]German
[*]Greek
[*]Haitian Creole
[*]Hebrew
[*]Hindi
[*]Hungarian
[*]Indonesian
[*]Irish
[*]Italian
[*]Japanese
[*]Korean
[*]Lithuanian
[*]Norwegian
[*]Ojibwe
[*]Pashto
[*]Polish
[*]Portuguese (Brazilian)
[*]Portuguese
[*]Romanian
[*]Russian
[*]Spanish
[*]Swahili
[*]Swedish
[*]Swiss German (Switzerland)
[*]Tagalog (Philippines)
[*]Thai
[*]Turkish
[*]Twi
[*]Ukrainian
[*]Urdu
[*]Vietnamese

Categories: , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑