Saturday, April 30, 2011

Perjuangan Menemukan Lagu Easy Listening

Beberapa hari yang lalu (udah agak lama sih, seminggu lebih yang pasti), saya memiliki rencana besar, sangat-sangat besar (lebay...) untuk merestrukturisasi playlist di ITunes saya. FYI saja, playlist saya banyak berisi tentu saja lagu-lagu favorit saya beraliran rock alternatif, agak punk, agak funk, agak metal dan agak britpop juga. Contoh band-band yang banyak muncul di playlist saya : MyChemicalRomance, NOFX, RANCID, Keane, Linkin Park, Coldplay, Paramore, SupermanisDead, Greenday, SimplePlan, Blink182, Muse, Creed, AlterBridge dan lain-lain.
Sebenarnya saya suka-suka saja sama lagu itu (ya jelaslah, sudah seharusnya), tapi ada suatu waktu yang saya pikir akan lebih sesuai bila playlist saya berisi lagu yang easy listening. Apa itu easy listening? Menurut Om Wikipedia :
Easy listening is a broad style of popular music and radio format that emerged in the 1960s, evolving out of big band music, and related to MOR (middle-of-the-road) music as played on many AM radio stations. It encompasses the exotica, beautiful music, light music, lounge music, ambient music, and space age pop genres. [1] The range of lounge music encompasses soft rock music-influenced instrumentals, modern electronica (with chillout, nu-jazz and downtempo influences), while remaining thematically focused on its retro-space-age cultural elements.
Beberapa lagu di playlist saya bisa dinyatakan secara umum dan pribadi sebagai lagu yang tidak easy listening. Itulah yang membuat perjuangan restrukturisasi saya dimulai.

Usaha yang saya lakukan ada dua bagian besar yaitu tanya di Google dan kemudian diarahkan ke Yahoo Answer dan yang kedua adalah search di forum kesayangan saya Kaskus dong. Ternyata cukup menghabiskan waktu juga, sekitar 3 jam mungkin saya search kemana-mana, coba-coba download, trial error lah.

Setelah perjuangan itu akhirnya saya berhasil membuat playlist baru, yang menurut saya easy listening karena lagi-lagi saya belajar bahwa easy listening juga relatif untuk setiap orang, karena toh yang akan menikmati playlist saya ini saya pribadi dan paling maksimal yang denger tetangga kost atau teman kantor, saya dengan yakin menyatakan "Playlist saya sudah Easy Listening".

Dan inilah daftar lagu easy listening menurut saya :
  1. Belle of Boulevard (acoustic) -- Dashboard Conventional
  2. Hands Down (acoustic) -- Dashboard Conventional
  3. Pada Waktunya -- Ivan Handojo
  4. Cayman Island -- Kings of Convenience
  5. Champagne Supernova --Oasis
  6. Stop and Stare (acoustic) -- One Republic
  7. Ternyata Cinta --Padi
  8. The Shadows Prove The Sunshine -- Switchfoot
  9. Island in the Sun -- Weezer
  10. I'm Going Home -- Chris Dougherty
  11. Stolen (piano acoustic) -- Dashboard Conventional
  12. The Man Who Can't be Moved -- The Script
  13. Saat Aku Lanjut Usia -- Sheila on7
  14. Pieces -- Sum41
  15. I Miss You -- Blink182
  16. Fall for You -- Secondhand Serenade
  17. Dare You to Move -- Switchfoot
  18. Everybody's Changing -- Keane
  19. Bunga -- Naff
  20. Signal Fire -- Snow Patrol
  21. Your Guardian Angel -- The Red Jumpsuit Apparatus
  22. Setia -- Crossbottom
  23. Endlessly -- Muse
  24. Yellow -- Coldplay
  25. One Last Breath -- Creed
  26. Everything -- Lifehouse
Mantap kan??? Itulah lagu easy listening buat saya.

Categories: , , , , , , ,

2 komentar:

Anonymous said...

mantap gan... akhirnya tau judulnya jga yg the script...hhe....

masukan gan fix you -- coldplay sama plain morning -- seconhand serenade

Qoreader said...

yg easy listening itu genre chill-out sama trip-hop, kedua aliran itu easy listening juga.

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑