Saturday, April 9, 2011

Error Waktu Install Office

Sudah sekitar 4 tahun saya jadi Linux User. Keahlian sih gitu-gitu saja. Tapi lumayanlah untuk troubleshoting dan dalam penggunaan sehari-hari, bahkan yang lebih advance juga dah lumayanlah. Berkat pengalaman sekian lama mangkal di Lab Ansis tersayang, kalo ada error pasti saya yang dipanggil-panggil. he3.
Tapi sampai sekarang saya belum benar-benar bisa lepas dari sistem operasi Jendela (baca : Windows). Mau gimana juga saya masih butuh untuk beberapa software spesifik. Misalnya Flash yang belum ada gantinya di Linux (ada f4l sih, tapi masih jauh lah sama Flash CS5) dan juga yang terutama game. Game nomor satu saya DotA cukup susah berjalan di Linux, mungkin nantinya ada yang bisa ya, tapi untuk sekarang saya cari-cari belum ada kabar DotA bisa dimainkan di Linux. Juga game-game lain yang kebanyakan memang berjalan di platform OS Jendela. Dan ditambah lagi sekarang VGA saya di Linux cuma mendukung 2D, jadi ya pasti meskipun ada settingan Wine untuk DotA, saya bakal belum bisa memainkannya sebelum ganti laptop. (hiks3).
Tapi untuk beberapa hal saya sudah bisa berpindah secara maksimal. Salah satu kepindahan yang saya banggakan adalah mengenai pengerjaan file Skripsi saya. Semuanya full saya kerjakan di OpenOffice dan dengan bangga selalu saya bagikan betapa menyenangkan dan mudahnya settingan menulis di OpenOffice yang justru dapat membuat file Skripsi saya lebih OK.
Jadi apa hubungannya dengan judul post saya ini ya?
Jadi begini ceritanya, kantor saya sekarang tentunya masih menggunakan OS Jendela dan Officenya menggunakan Microsoft Office 2007. Kemarin saya membawa file kerjaan saya berekstensi xlsx, yang sebenarnya sudah didukung oleh OpenOffice. Tetapi yang terjadi saat saya membuka file saya itu banyak muncul pesan error. Keliatannya memang karena banyak memakai fungsi, lookup beberapa sheet dan terutama menggunakan grafik yang realtime dengan tabel.
Terpaksalah karena itu saya mencoba meginstall Microsoft Office. Saya punya dua versi di harddisk eksternal saya, yang 2007 dan 2010. Saat saya mencoba install versi 2007, munculah pesan error dan instalasi berhenti, kira-kira pesannya mengatakan bahwa OS Jendela tidak bisa mengupdate beberapa file yang dibutuhkan. Aneh sekali saya pikir, ini program asli dari pembuatnya kok bisa ada kekurangan kompatibilitas seperti ini, Ya sudah saya coba lagi install sekarang yang veri 2010. Jeng3!!! Gagal lagi ternyata, dan dengan pesan error yang sama.
Benar-benar OS yang aneh saya pikir (gaye, padahal juga belum bisa bikin OS dewe *_*). Saya mulai ngenet lah, googling cari solusinya. Ternyata yang mengalami masalah ini cukup banyak. Dan dari suatu forum diskusi akhirnya ketemu juga jawabannya.
Jadi instalasi Office 2007 dan 2010 perlu mengupdate suatu file yang lokasinya di System32\drivers\bla3 yang namanya pfault.dll atau p4ault.dll (untuk professional). Jadi untuk menyelesaikannya tinggal mencari file itu dari CD instalasai OS Jendela dan mengcopynya atau bisa juga langsung copy dari komputer lain yang ada file tersebut.
Masalah selesai, instalasi lancar, dan Office 2007 bisa segera saya gunakan untuk bekerja. Dan seperti pernyataan awal saya tadi, yang ternyata juga banyak didukung orang di formu diskusi, betapa aneh program bawaan OSnya memiliki kurang kompatibilitas.hmmmmm

*update : setelah saya selidiki, error ini muncul pada pengguna OS Jendela yang mengedit instalasinya menggunakan nlite, jangan-jangan nlite yang bikin file dll itu hilang dari tempatnya ya? belum saya selidiki lagi.

Categories: , , , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑