Wednesday, January 12, 2011

Babi Ngepet

Berasal dari laporan pandangan mata seorang teman saya, jadi tertarik mencari tahu mengenai Babi Ngepet. Teman saya bilang dia pernah 2 kali melihat sesosok babi kecil yang lari-larian d pinggir jalan di daerah kota jogja,keduanya dilihatnya waktu pagi hari, mungkin sekitar jam setengah 7 pagi. Secara nalar bisa dibilang tidak mungkin ada babi seperti itu lari-larian dipinggir jalan. Teman saya juga sudah curiga bahwa babi itu bukan babi sesungguhnya. Kalau saya bilang juga itu bukan babi biasa dan sebagai orang jawa sudah sangat umum dikenal mitos mengenai babi ngepet. Kemudian saya cari-cari tentang babi ngepet dan menemukan keterangan dari Wikipedia bhs inggris : "Babi Ngepet is a boar or swine demon in Javanese mythology. According to the local myth, the creature is believed to be the manifestation of a person that practicing pesugihan babi black magic.Pesugihan is derived from Javanese word sugih means "rich". It is a kind of magic to help people to become rich instantly, but in exchange he or she must sacrifice something, in this case they must sacrifice their humanity; allowed themself to be transformed as a boar for a period of time, or some believed that they allowed themself to be possessed by a boardemon. The trans human-animal transformation is similar to shape shifting or werewolf concept in the west. Some of the myths told about a man in black robes covering his body before miraculously turning into this creature. The method is after the transformation the boar demon roaming around the village and scratching its body against the wall, door, cupboard, or furniture. Magically the belongings of the villagers,such as money, gold, and jewellery will be disappeared and magically carried away by the Babi Ngepet. If the mission went successful, when the Babi Ngepet safely returned home and transformed back into their human form, the black robes will filled with the stolen money or jewellery. The person that practice Babi Ngepet black magic needs an assistance from other person.The assistant task is to stay home and guard the candle floating on a basin of water alight, while the Babi Ngepet is in its action. If the fire on the candle is shaking, fading or almost off, it is the sign that the Babi Ngepet is in danger caught in action by villagers or turned back into his human form. Because of this beliefs, Javanese villagers often chasing or even killing boar or pig wandering around the village in the night. Interpretation, The sceptical view believed that it was probably a traditional way to explain the unexplainable loss of fortune or a mysterious theft in the village, by blaming the wild boar roaming the village in the night. Or probably it was ameans of traditional pest-control; to get rid of wild boar from eating and destroying rice fields or barns. The association of boar or pig with magic concerning fortune probably originated from Javanesepre-Islamic and pre-Hindu-Buddhist believes that associate boar or pig with domestic richness, fortune and prosperity, similar to its connections with ancient Javanese piggy bank."
Penjelasan yang sudah cukup lengkap saya rasa. Kalau saya bilang sih, babi ngepet memang benar-benar ada sebagai suatu cara pesugihan. Kenapa dipilih hewan babi? karena ilmunya berasal dari zaman dulu kala,waktu masyarakat jawa masih ndeso,banyak hidup deket hutan dan hewan yang banyak beredar babi hutan, karena itu menjelmanya jadi babi. Jadi bakal dikira babi hutan biasa dan maksimal dikejar2 buat dijadiin sangsang. Kalau saya sendiri belum pernah bersinggungan langsung dengan babi hutan dan berharap tidak perlu. Lebih baik maem babi panggang saja.

Categories: , , , ,

Pimsleur

Sekarang lagi sangat tertarik belajar bahasa, berhubung sadar kemampuan bahasa saya sangat minimalis, dan tadi membaca d kaskus tentang Pimslur.
Pimsleur adalah metode pembelajaran bahasa asing yang berdasarkan 4 aspek, yaitu antisipasi, mengingat, kosakata utama, dan balajar secara alami.
Pimsleur merupakan pengajaran bahasaasing yang berbasis audio, dimana pendengar disuruh mengulang apa sajayang telah mereka dengar sebelumnya secara berulang-rulang.
"Siapa penemu metode Pimsleur?:"Pimsleur merupakan gagasan dari Paul Pimsleur, namun sekarang Pimsleur dikembangkan lebih lanjut oleh Simon& Schuster Inc.
Dr Pimsleur menghabiskan sebagian besar hidupnya mengajar dan meneliti bahasa, dan merupakan salah satu ahli terkemuka di dunia dalam linguistik terapan. Setelah memperoleh gelar Ph.D. di Perancis dari Columbia University, ia mengajar Perancis Fonetikdan fonemik, dan diawasi laboratorium bahasa di UCLA. Ia pun melanjutkan kuliah untuk memperoleh gelar Profesor Roman Bahasa dan PendidikanBahasa. Kini ia menjadi Direktur Pusat Mendengarkan di Ohio State University, Profesor Pendidikan dan Bahasa Romance di Universitas Negara Bagian New York di Albany, dan dosen Fulbright di University of Heidelberg."
Simon & Schuster Inc adalah sebuah divisi dari CBS Corporation. Perusahaan tersebut bergerak dalam usaha penerbitan yang didirikan di New York pada tahun 1924 oleh Richard L. Simondan M. Lincoln Schuster."
Metode pengajaran:"
[*]Siswa mendengarkan rekaman dari penutur asli berbicara frase, baik dalam bahasa asing dan bahasa yang digunakan untuk mengajar/bahasa yang dikuasai siswa (biasanya bahasa Inggris).
[*]Pada interval waktu yang bervariasi, siswa diminta untuk mengulangi kalimatyang telah siswa tersebut dengarkan
[*]Setelah diulang-ulang, siswa kemudian diperkenalkan dengan frase baru.
[*]Setelah mengulangi beberapa kali, siswa diminta untuk mengulangi frase sebelumnya dan frase yang baru saja iapelajari.
[*]Frase lama akan diulang-ulang dengan periode yang acak bersamaan dengan frase baru. Biasanya pengulangannya dilakukan berdasarkan kemiripan makna antara kedua frase (Frase lama dan baru) tersebut.
"Prinsip pengajaran:"
[*]Antisipasi
Kursus Bahasa umumnya meminta siswa untuk mengulangi setelah instruktur menyampaikan suatu frase. Menurut Paul Pimsleur itu adalah cara belajar pasif. Pimsleur mengembangkansebuah metode berupa "tantangan dan tanggapan", di mana seorang Siswa diminta untuk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa target, yang kemudian dikonfirmasi. Teknik ini dimaksudkan agar siswa lebih aktif belajar, siswa butuh berpikir sebelum menjawab. Pimsleur mengatakan prinsip antisipasi tercermin percakapan nyata di mana seorang pembicara harusmengingat frase dengan cepat.
[*]Mengingat
Mengingat adalah metode belajar kosakata yang diharapkan akan diingat siswa dalam waktu yang lama. Ini adalah versi retensi melalui pengulangan spasi. Misalnya, jika seorang siswa belajar kata deux (Perancis untuk dua), maka deux diuji setiap beberapa detik pada awalnya, kemudian setiap beberapa menit, kemudian setiap beberapa jam, dan kemudian setiap beberapa hari.
[*]Kosakata utama
Metode Pimsleur berfokus pada pengajaran kata-kata yang umum digunakan dalam rangka membangun pemahaman dari "kosakata utama". Simon & Schuster memproduksi 60 kaset / CD program (empat modul dari 15 kaset / CD masing-masing). Ke 60 kaset itu tidak terlalu membahas kosakata secara terperinci, hanya terfokus pada kosakata yang lazim digunakan. Pimsleur mengklaim metodepaling efektif adalah motode bagaimana penutur asli belajar tata bahasa ketika mereka anak-anak, yaitu tidak terlalu mempedulikan tata bahasanya.
[*]Balajar secara natural
Metode ini menggunakan format audio karena Pimsleur berpendapat bahwa mayoritas siswa belajar untuk berbicara dan memahami. Paul Pimsleur merasa bahwa keterampilan mendengar sangatberbeda dengan ketrampilan membacadan menulis. Karena itu ia mencoba menciptakan pembelajaran yang natural yaitu mempelajaro tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan secara bersamaan."Bahasa yang diajarkan melalui metode pimsleur:"Sampai sekarang Pimsleur telah mencakup 45 bahasa asing, antara lain:
[*]Albanian
[*]Eastern Arabic
[*]Egyptian Arabic
[*]Eastern Armenian
[*]Western Armenian
[*]Cantonese
[*]Chinese (Mandarin)
[*]Croatian
[*]Czech
[*]Danish
[*]Dari
[*]Dutch
[*]Farsi(Persian)
[*]French
[*]German
[*]Greek
[*]Haitian Creole
[*]Hebrew
[*]Hindi
[*]Hungarian
[*]Indonesian
[*]Irish
[*]Italian
[*]Japanese
[*]Korean
[*]Lithuanian
[*]Norwegian
[*]Ojibwe
[*]Pashto
[*]Polish
[*]Portuguese (Brazilian)
[*]Portuguese
[*]Romanian
[*]Russian
[*]Spanish
[*]Swahili
[*]Swedish
[*]Swiss German (Switzerland)
[*]Tagalog (Philippines)
[*]Thai
[*]Turkish
[*]Twi
[*]Ukrainian
[*]Urdu
[*]Vietnamese

Categories: , , ,

Sunday, January 2, 2011

Mencintai dengan tidak egois

Mencintai dengan tidak egois
Kepengen belajar untuk mencintai seseorang dengan sepenuhnya, tapi tanpa menjadikanku egois terhadap kepentingan orang lain.
Kecenderungan seseorang sewaktu memiliki perasaan cinta yang khusus terhadap seorang yang lain akan menjadikan kepentingan orang yang dicintainya itu sebagai hal yang utama dan seringkali mengorvankan kepentingan orang lain. Menjadikan kita egois pada kepentingan orang lain demi pemenuhan kepentingan si cinta.
Apakah cinta seperti itu yang diajarkan Tuhan? Saya pribadi sadar juga terjebak dalam keegoisan itu, dan saat tersadar seperti ini benar-benar menjadi merasa sangat bersalah telah mengorbankan hal itu.
Bersyukur saat ini terus disadarkan dan menjadikan saya terus belajar. Terimakasih Tuhan untuk waktu lebih ini.

Categories: , , ,

Friday, December 3, 2010

Lokalisasi

Belum ada seminggu numpang d kost2an mbakku d bogor, daerah Jabon, Parung tepatnya, ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya dan jadi kepikiran beberapa kali.
Hal itu adalah PSK atau pelacur atau perek. Untuk orang disekitar bogor sudah diketahui secara umum bahwa daerah jalan Parung Bogor merupakan tempat mangkal perek, tempat show mereka. Kalau anda lewat jalan itu sekitar jam setengah 8 malam saja akan terlihat banyak wanita berpakain seksi (biasanya tanktop atau kaos ketat, warnanya cerah) dan berdandan cukup menor. Mereka akan melambai-lambaikan tangan pada mobil atau motor yang lewat. Banyak yang masih muda, beberapa bahkan terlihat sangat muda, meskipun banyak juga yang sudah tante-tante. Mereka biasanya berdiri berkelompok 2 atau 3 orang dan sama sekali tidak terlihat malu atau menutupi pekerjaan mereka, mereka santai saja melenggang, mengobrol bahkan kadang masuk k warung kopi yang terletak di pinggir jalan juga.
Fenomena lokalisasi saya rasa ada d setiap kota. Contohnya gang doli Surabaya, Sarkem Yogyakarta, Gang Senggol Purwokerto, Taman Lawang Jakarta, dan lain-lain. Bahkan di Purwokerto ada hotel/motel yang memiliki pelacur tetap, jadi pelacur itu punya kamar sendiri dan tamu-tamu yang datang k hotel itu tinggal memilih mau k kamar yang mana.
Yang unik lagi kegiatan lokalisasi prostitusi ini seperti mendapat perlindungan pemerintah, mereka seperti bisnis resmi dan tidak ada tindak pidana (kecuali melacurkan anak d bawah umur). Dan juga bahkan pemerintah memberi beberapa fasilitas, misalnya dokter yang secara berkala datang dan memeriksa kesehatan pelacur-pelacur disitu. Hal ini saya ketahui pasti dilakukan di Gang Senggol Purwokerto dan Sarkem Jogja.
Tapi anehnya juga, sewaktu-waktu polisii akan melakukan razia dan menangkapi pelacur-pelacur di situ. Tapi ya paling sehari dua hari sudah dilepas dengan tebusan dan bisa mangkal lagi di tempat sebelumnya.
Jadi pertanyaanny, sebenarnya apakah tempat itu resmi dan mendapat ijin pemerintah? kalau iya, kok bisa?kita kan negara beragama dan pastinya tidak ada kebudayaan agama yang mendukung itu. Kalau tidak resmi, kok bisa tetap ada? tanya kenapa???

Categories: , ,

Tuesday, November 30, 2010

Mobile Blogging from my Dopod 818pro

Berhubung sekarang saya lagi d bogor, tanpa akses internet yang ok alias saya cuma bisa ngenet pake hp, jadi saya mau bikin postingan kali ini dari hp Dopod 818pro saya,lewat browser opera mini.
Cuma mau cerita tentang hp saya aja ya. Ini hp jadul, pda phone sih, tapi keluaran 2006. Saya beli 2nd bulan maret kmrn seharga 750rb, nyampe sekarang ga rewel ga knapa2, pdhl dah saya oprek2, ganti2 os, nyoba2 aplikasi, dll. Saya pas nerima OSny masih asli windows mobile 5, tampilanny ya ampun, parah, begitu nerima langsung saya ganti pake ROM downloadan dari XdaDeveloper, lupa dari siapa yang jelas masih windows mobile 6.1. Setelah itu saya ganti2 terus, nyoba2 interface paling nyaman, bagus, tapi juga ringan, mengingat ni pda ramnya 64 romny 128, procieny ga nyampe 200mhz. Dari model spb mobile shell nyampe editan orang Vietnam saya coba semua tapi akhirnya saya jatuh hati sama model tampilan Rom winmo 6.5 dari bikertibi. Mantap, sederhana, tapi bagus dan fungsional. Dan nyampe sekarang betah dengan ini. Horeee...
Yang bikin saya betah pake winmi sebenernya cuma sinkronisasinya sama tampilan threaded smsnya, tapi selain itu suka juga sih dengan banyaknya aplikasi yang bisa dicoba-coba. Waktu kemaren berangkat dari jogja ke jakarta saya naik kereta ekonomi bayarnya cuma 35ribu(bangga..ha3) tapi lumayan cepet sekitar 9 jam kira2. Nah di kereta saya iseng ngaktifin Google Maps, trus aktifin fitur latutudenya. Tampilannya keren bgt, posisi saya yang diwakili bunderan biru bisa pindah2 dengan ok ngikutin posisi saya, padahal hp saya ga ada gps jadi cuma pake posisi BTS dan akses data Edge(blm 3g, wkwkwk). Tapi itu dah manteeeeep bangeet. Nyampe terharu ngliatnya.
Ya itulah sedikit cerita tentang dopod saya, yang biar jadul tapi setia dan kadang masih keliatan canggihnya. Thx God..Gbu

Categories: , , ,

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑