Tuesday, November 8, 2011

Nulis Blog Buat Apa?

Jadi ingin me-recall, sebenarnya apa yang saya mau dari nulis Blog?
Saya memulai kesenangan blogging dari sekitar tahun 2006 akhir kalau tidak salah, langsugn memilih platform Blogspot dan setia sampai sekarang, meskipun dalam perjalanan sempat kecewa karena blog pertama saya yang hilang tak berbekas dan sempat pindah sesaat ke platform Wordpress serta mencoba-coba beberapa platform lainnya.
Coba saya ingat-ingat, dulu saya sangat semangat nge-blog karena ingin mendapatkan pasif income dari iklan Adsense, jadi bahkan saya memiliki beberapa blog (sempat) dan mengkhususkan satu sebagai Blog utama dan lainnya jadi Blog yang isinya benar-benar copy paste semua artikel, berharap dapat traffic dari situ. Saya ingat, adanya capek kalau nurutin cara itu dan FYI, sampai sekarang saya belum pernah payout dari Google Adsense :).
Kemudian suatu waktu saya gabungkan semua blog saya jadi satu, saya menulis tentang banyak hal yang saya sukai, sudah lumayan tidak berorientasi pada iklan Adsense, sering juga mengoprek dengan menambahkan berbagai fasilitas, modif theme dan lain-lain. Di masa ini saya menarik minat banyak teman saya buat nge-blog, tapi sepertinya dari generasi itu tidak ada yang masih aktif blognya sampai sekarang.
Dan malapetaka pun terjadi di suatu waktu, blog saya, yang waktu itu sudah cukup terkenal, backlink lumayan, SEO lumayan, PageRank 3, hits sudah sangat-sangat banyak, tiba-tiba dihapus Google, sedih + stress waktu itu, secara artikel saya yang sudah hampir 200 buah hilang sekitar setengah (setengahnya terbackup di email). Saya berusaha menghubungi tim Google, tapi tidak pernah mendapatkan tanggapan, bahkan akun Google saya setelah itu diblokir dari situs Blogspot. Saya rasa mungkin waktu itu memang menyalah TOS dari Google dan Blogspot, saya memasang beberapa iklan (Adsense, TextLink, AdCamp, dll) dan beberapa isi mengandung unsur hacking yang bisa merugikan.
Saya pasrah setelah itu, sempet vakum dari ngeblog dan akhirnya bangkit lagi. Belajar lagi menulis dari awal, coba-coba pindah platform, bahkan hosting sendiri (gratisan :p). Tapi tidak pernah puas dan akhirnya kembali lagi ke Blogspot. Dan saya langsung memisahkan blog saya pertema, waktu itu seingat saya membuat blog utama ( blog ini ), blog khusus untuk kegiatan jalan-jalan dan kuliner saya, blog khusus belajar pemrograman sewaktu itu CodeIgniter dan C++, dan juga untuk mencatat Saat Teduh saya.
Sekarang saya kembali ke blog tunggal, repot ngurusnya, satu blog saja belum pasti seminggu sekali ada posting baru. Saya gabungkan lagi blog-blog itu ke dalam blog utama ini, sampai sekarang.
Masih berharap dapat penghasilan tambahan dari Blogging, tapi saya sudah malas untuk melakukan berbagai cara SEO, tukar link dan lain-lain. Sekarang berasa jauh lebih susah dan lebih mengutamakan untuk mengisi konten (padahal juga update konten 1 minggu 1 kali :p). Dan hasilnya nyata, saya tidak bergerak dari PageRank 0 selama bertahun-tahun, backlink hampir tidak ada.
Susah sekali untuk membuat blog ini jadi terkenal, paling tidak seperti yang dulu saya pikir, saya lalu berusaha menggiatkan konten, terutama yang berbahasa Inggris, dan kebetulan karena saya sedangconcern di dunia pemrograman Android kemudian saya membuat banyak tutorial Android dan tentunya berbahasa Inggris, tujuan saya agar dapat menjangkau lebih banyak user. Dan memang akhirnya merangkak cukup lumayan, sekarang masih dengan PageRank 0, tetapi komen sudah bertambah, page view lumayan meningkat dan cukup baik dalam berbagai keyword.
Yang mengagetkan biarpun sebenarnya bisa diduga, bukan konten Android yang mendiring pertumbuhan blog saya, ini statistiknya:


Untuk bulanan memang ternyata kata-kata free, ebook, sangat menarik minat banyak orang, dan juga karena saya sempat men-share link ini di Forum Diskusi Kaskus. Untuk All-time tetap paling banyak dikunjungi adalah Cerita Baru Kancil dan Kura-kura. Bersyukur karena artikel sederhana hasil copy-paste ini bisa menjangkau banyak orang.
Jadi, sekarang apa tujuan anda menuis blog?
Saya mau sharing tentang apa saja, saya mau berbagi pengalaman saya, saya mau berbagi visi saya, saya mau berbagi pemikiran saya. Dengan melihat statistik itu juga jelas, mau bagaimanapun audience saya dari Indonesia, jadi akan semakin memperbanyak konten berbahasa Indonesia, untuk memudahkan para audience saya dan blog saya semakin berguna.

Happy blogging :)

Categories: , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑