Wednesday, September 19, 2012

Ruby on Rails



Ruby on Rails merupakan salah satu framework pembuatan aplikasi web. Dari namanya kita tahu bahwa Ruby on Rails seharusnya berdasar dari bahasa Ruby. Kalau dibandingkan misalnya sama seperti CodeIgniter, Zend ataupun CakePHP yang merupakan framework pengembangan web tetapi berdasar bahasa PHP.

Untuk mengetahui asal-usul dari bahasa Ruby (sepengetahuan saya tidak seterkenal PHP, ASP ataupun JAVA) yang mungkin belum anda ketahui silahkan baca di Wikipedia saja.

Rails is a web application development framework written in the Ruby language. It is designed to make programming web applications easier by making assumptions about what every developer needs to get started. It allows you to write less code while accomplishing more than many other languages and frameworks. Experienced Rails developers also report that it makes web application development more fun.

Rails menyebut dirinya sebagai software “opinionated”. Jadi programmer Rails percaya ada cara terbaik untuk melakukan sesuatu dan kemudian mendesain RoR seperti itu “The Rails Way”. Dan disebutkan bahwa bila kita mengikuti cara tersebut kita akan benar-benar gembira dan mengalami peningkatan produktivitas yang luar biasa. Beberapa filosofi dasar dari Rails :

DRY “Don’t Repeat Yourself” —> jangan mengetik kode yang sama berulang-ulang kali
Convention over Configuration —> Rails mengasumsikan mengenai apa yang akan kita lakukan dan bagaimana kita akan melakukannya sebagai suatu konvensi daripada menyediakan kita konfigurasi untuk mensetting setiap hal kecil tersendiri
REST —> pengorganisasian aplikasi berdasar resource dan HTTP verbs yang standar merupakan cara yang terbaik
Rails memegang teguh juga pola MVC. Setiap aplikasi kita akan terpisah dari Model, View dan Controller.

Menurut saya pribadi, yang baru benar-benar menggunakan Rails sejak awal tahun 2012 ini, Rails merupakan framework yang solid, memiliki learning curve yang relatif pendek, mengajarkan benar-benar filosofinya, perkembangan yang cepat, dukungan berbagai gem dan plugin, komunitas yang kuat dan benar-benar fleksibel meskipun dibilang memiliki banyak konvensi.

Selamat menikmati Ruby on Rails !!!

Categories: , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑