Sunday, March 20, 2011

Web Developer (again)

Kalau anda sudah membaca halaman ABOUT ME saya yang berisi CV itu, anda pasti tahu saya kuliah dimana, jurusan saya dimana dan anehnya minat saya yang sepertinya kurang cocok untuk nama jurussan saya. Saya berminat di bidang IT. Semasa kuliah banyak sekali kesempatan untuk mempraktekkannya karena saya juga termasuk di kelompok study lab Komputer di Jurusan saya. Saya paling suka dan agak ahli di bagian web. Bahasa andalan saya PHP dan database MySQL. Cukup banyak hasil karya saya waktu itu. Web intranet lab yang tidak jadi terbit, web report billing lab, web Persekutuan Mahasiswa Kristen di fakultas, web permintaan klien (saya sempat buka jasa di Kaskus) dan lain-lain, tapi yang jelas masterpiece saya web Skripsi saya. Saya berhasil menggunakan teknlogi web/system informasi untuk skripsi yang kalau dilihat dari nama Jurusannya mungkin jadi kelihatan kurang sesuai. Tapi bisa juga ternyata, lumayan lah jadi pioneer lagi.

Tapi hal itu sudah lewat, itu tahun lalu, setelah web Skripsi saya tidak lagi membuat web, tidak lagi mendevelop web, tidak lagi mengikuti terlalu jauh perkembangan teknologi web, tidak pernah praktek intinya. Dikarenakan kesibukan dan jarang menetap di satu tempat.

Sekarang saya sudah bekerja di Nutrifood sebagai Executive Logistik, sangat sesuai dengan Jurusan saya. Pekerjaan yang menyenangkan buat saya, tapi kalau saya bilang sih, saya kurang cepat beradaptasi dan kurang OK (nanti saya coba buat artikel tentang ini ya -_-!!). Di pekerjaan ini, ternyata saya juga berkesempatan akhirnya untuk mempraktekan kesukaan saya di bidang web. Makanya artikel ini judulnya Web Developer (again). Kayak comeback saya ke dunia web developer.

Saya tertarik membuat semacam system informasi sederhana untuk mengcover beberapa tugas yang dilakukan admin saya secara manual dan kurang terintegrasi. Diharapkan dengan aplikasi web yang akan saya buat ini bisa memudahkan pekerjaannya, meningkatkan efektivitas waktu pengerjaan juga.

Awalnya dari melihat pekerjaan admin-admin saya yang meskipun sudah memakai ERP System dari ORACLE tapi tetap belum bisa mengcover seluruh pekerjaannya, jadi selain itu dia masih harus menghitung dan membuat report dengan Excell, juga beberapa menggunakan Macro dari Excel, masih dtambah juga dengan penggunaan aplikasi databse lain. Pekerjaannya jadi benar-benar tidak terintegrasi, padahal terkadang dibutuhkan kolaborasi juga dalam pengerjaannya.

Setelah beberapa diskusi dan rapat akhirnya saya membuat konsep aplikasi web ini. Saya akan membuat aplikasi web satu halaman yang memperlihatkan Data Grid dengan inline dan realtime editing disertai suatu algoritma perhitungan yang kelihatannya akan mengambil system auto revised tergantung data yang ada di database dan akan terus mengupdate algoritmanya setiap ada tambahan data. Setelah cukup lama berkutat (saya awalnya benar-benar merasa tumpul saat memulai develop web ini..hiks3) saya putuskan menggunakan framework PHP CodeIgniter, database MySQl dan library javascript ExtendedJS. Ini merupakan hal yang baru untuk saya mengembangkan aplikasi dengan ExtJS, sebelumnya saya selalu setia dengan JQuery untuk library javascript ( saya ketergantungan dengan JQuery UI) . Cukup banyak hal baru yang harus dipelajari. CodeIgniter saya pilih karena ringan, konsep OOP yang jelas dan fasilitas MVC sudah cocok dengan ExtJS (bersyukur menemukan tutorial tentang ini di web). ExtJS saya pilih karena fasilitas Gridnya yang sudah terkenal dan mudahnya membangun RichInternet Application dengan framework ini. Kelemahan ExtJS kurang bisa hanya digunakan dalam php, tapi jadi terbalik php nya dalam javascriptnya.

Sekarang masih dalam tahap pengembangan. Masih cukup jauh dari selesai. Semoga dengan niatan yang baik, web ini nantinya bisa berguna dan jugamenjadi pioneer dalam penggunaan IT yangefektif di dalam pekerjaan.

Categories: , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑