Tuesday, June 19, 2012

Google Blockly

Membaca LifeHacker seperti biasa saat sampai di kantor. Dan lagi-lagi kagum dengan Google karena ada berita mengenai Google Blockly. Tool programming baru dari Google.

http://lifehacker.com/5917581/google-blockly-is-a-visual-drag+and+drop-tool-for-building-apps-and-learning-to-code
http://www.wired.com/wiredenterprise/2012/06/google-blockly/
Sekilas langsung tampak mirip dengan App Inventor, dulu saat pertama kali mencicipi programming di Android, sempat menggunakan App Inventor, memiliki interface yang luar biasa visual dan menyenangkan untuk pemrograman sederhana. Ternyata keputusan App Inventor yang dihentikan Google beberapa bulan yang lalu kemudian kembali meluncurkan project open source baru ini. Blockly.
Sama saja terinspirasi dari MIT Scatch, Blockly menurut saya lebih ringan dari App Inventor dulu dan yang pasti karena tidak lagi dalam bentuk aplikasi JAVA murni dari HTML dan Javascript tampaknya, sangat ringan, cepat tapi tetap dengan kemudahan nyaris sempurna seperti aplikasi desktop.
Yang menyenangkan lagi dari Blockly ini adalah hasilnya bisa diexport ke beberapa bahasa pemrograman secara langsung yaitu Javascript, Dart, Python dan XML semudah mengklik tab di interfacenya.
Secara umum ini jadi tool yang woth to try, bahkan kalau mau main-main juga disediakan Maze untuk diselesaikan. Selamat mencoba.

Penyelesaian tanpa logic :p

Categories: , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑