Thursday, July 21, 2011

Belajar Java ep2 Program Pertama

Disarankan pakai Eclipse, lebih ringan, interface multiplatform dan lengkap fasilitasnya.
Buka dari File > New > Java Project. Setelah itu kembali akses File > New > Class.
Buat Class dengan nama HelloWorld dan check pada checkbox untuk membuat method main.

Tambahkan satu baris kode seperti tertera di bawah.
Tampilan layar akan seperti di atas. Program sudah bisa di-Run dan hasilnya akan terlihat di layar Console di bagian bawah.
Isi baris program tersebut adalah :
public class HelloWorld {

      /**
       * @param args
       */
      public static void main(String[] args) {
            // TODO Auto-generated method stub
            System.out.println("Hello World");
      }

}

Baris pertama merupakan deklarasi  Class. Menyebutkan bahwa Class bersifat Public dan bernama HelloWorld kemudian diakhiri dengan tanda kurung kurawal pembuka yang menunjukkan di mulainya bagian Body dari Class tersebut.
Baris selanjutnya merupakan baris komentar multiline, dimulai dengan tanda  /* dan diakhiri dengan */. Semua kode yang tertulis disini akan diabaikan oleh compiler.
Baris selanjutnya merupakan deklarasi Method. Baris ini otomatis tercipta karena kita men-check checkbo x tadi. Jadi Method ini bernama Main, sifatnya Public dan Static dan untuk tulisan di dalam kurung tidak perlu diperhatikan dulu. Bagian Main ini wajib ada karena eksekusi program Java dimulai dari sini. Public merupakan access specifier yang artinya Method main() ini bisa diakses oleh kode di luar Class HelloWorld. Kemudian Static menyatakan main() diperbolehkan di panggil sebelum ada object yang tercipta. Dan Void menyatakan bahwa Method ini tidak memiliki return value.
Baris selanjutnya lagi-lagi adalah baris komentar, kali ini merupakan komentar satu baris yang dimulai dengan tanda slash dua kali (//).
Baris selanjutnya merupakan isi dari Method main().  Ini merupakan perintah untuk menulis di layar Console/memberikan output.

Categories: , , , , , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑