Thursday, July 21, 2011

Belajar Java

Untuk pekerjaan baru saya, saya wajib belajar bahasa pemrograman Java, padahal dari dulu saya hindari dan lebih memilih banyak bermain-main dengan web, PHP dan MySQL. Alhasil saat ini saya bahkan harus mulai dari sangat dasar, buku yang saya baca untuk belajar adalah Java : A Begginer's Guide. Mau share sedikit-sedikit ya, semoga bisa membanu bila ada yang membutuhkan.
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang terkenal, di peringkat Tobie.com bahkan Java menduduki peringkat pertama sebagai bahasa pemrograman paling populer dengan persentase pengguna di dunia sebanyak sekitar 18 %.
Java sangat dekat dengan C dan C++. Sintaksnya diturunkan dari C dan object modelnya mencontoh C++. Dan kemudian juga muncul C# yang baik penggunaan, model sintaksnya dan lain-lain sangat mirip pula dengan Java.
Java menjanjikan portabilitas. “Write Once, Run Everywhere”. Ha ini bisa dipakai karena konsep penggunaan JVM (Java Virtual Machine) atau yang banyak kita kenal sebagai JRE (Java Runtime Environment). Dengan menggunakan virtual mesin ini, yang perlu ditulis ulang adalah JVM untuk tiap jenis environment. Awalnya bahkan Java dirancang untuk dijalankan di household appliances, dan sekarang Java menawarkan kelengkapan dan kemudahan pemrograman bagi berbagai environment seperti Windows, Linux, Solaris, bahkan mobile seperti BB OS, Java Mobile (J2ME) dan lain-lain.
Java juga menawarkan pengembangan aplikasi web yang kaya dan multiplatform dengan sistem appletnya. Dan disitu juga menawarkan keamanan karena sistem JVM tadi. Program Java yang kita buat bukan merupakan executable code, tapi suatu bytecode, yang merupakan suatu set instruksi yang telah dioptimasi dengan baik untuk kemudian dijalankan oleh interpreter berupa JVM tadi.
Java merupakan bahasa yang full-OOP. Ini dicirikan dari sintaks2nya. Tidak ada penggunaan sintaks GOTO, adanya konsep ENCAPSULATION, POLYMORPHISM dan INHERITANCE

Categories: , , , , , , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑