Tuesday, July 5, 2011

Kagum Dengan Teknologi Google

Pasti semua orang tahu Google lah. Situs pencari nomor 1 di dunia, biarpun banyak yang protes karena filterisasi datanya, atau pencatatan datanya, tapi tetap ini yang paling besar. Apalagi sekarang dukungan teknologinya semakin mantap dan inovatif. Bahkan membuat kaget saya beberapa hari yang lalu. Teknologi Google beberapa tahun ini sudah berkembang begitu rupa dan luar biasa fungsionalnya. Bahkan di beberapa hal akan menyulitkan kehidupan saya sehari-hari bila tidak menggunakannya.
Berawal dari membuka tampilan search engine seperti biasa, saya yang login di akun Google melihat di bagian atas halaman banyaknya pilihan aplikasi Google. Mari kita data:
  1. di bagian atas kiri dimulai dengan WEB, ini untuk mode pencarian website, paling umum kita gunakan.
  2. Images, untuk mode pencarian gambar, setelah sedikit meniru interface Bing dalam display hasilnya, jadinya bahkan lebih bagus menurut saya. Tekonologi barunya yang menurut saya luar biasa adalah search dengan inputan gambar, jadi nanti si Google yang akan mengolah citra kita dan mencari gambar yang mirip ataupun mengekstrak informasi mengenai gambar itu, dan itu didapat dengan interface drag n drop.
  3. Maps, ini merupakan interface web dari Google Earth tentu saja dengan penyederhanaan. Ini juga sangat memudahkan hidup saya, terutama fitur pencarian rutenya, saya sudah seringkali menggunakannya dan sangat-sangat terbantu.
  4. Translate, ini juga sangat OK, dengan mudah bisa diaplikasikan ke web pribadi kita sehingga bisa membuat seakan menjadi multilingual. Hasil penerjemahannya saya bilang juga dari hari ke hari semakin bagus, sepertinya memang dibekali algoritma belajar yang baik. Saya bahkan saat ini tidak memiliki software translator di komputer dan murni menggunakan Google Translate bila butuh penerjemahan cepat. Memang sih untuk digunakan di urusan resmi masih belum bisa karena struktur bahasanya akan masih berantakan.
  5. Books, koleksi buku dari Google. Tahukah anda saat mengerjakan skripsi saya bahkan tidak perlu ke Perpustakaan Kampus? Saya cukup di depan komputer dan mencari buku yang sesuai, bila bagian yang saya perlukan tidak termasuk dalam limited previewnya, saya kemudian tinggal mencari downloadannya, tapi kebanyakan sudah cukup waktu itu. Sekarang juga sangat berguna untuk software Calibre saya, sebagai salah satu database metadata buku.
  6. Scholar, ini untuk pencarian literatur pendidikan dan jurnal, sejujurnya saya tidak pernah menggunakan ini, karena dulunya saat di kampus ada akses mudah untuk pencarian jurnal internasional.
  7. Gmail, jelas saat ini bisa dibilang free email yang sangat populer. Mudah, tampilannya bagus, fiturnya lengkap, spacenya besar dan yang pasti seperti center dari Google Account anda, dari daftar akun Gmail anda akan bisa mencicipi seluruh produk Google.
  8. Saat anda mengklik link more, Anda akan dibawa ke halaman baru yang menunjukkan keseluruhan produk Google. Banyak sekali aplikasinya.

Aplikasi Google
 

Saya rasa sangat ribet kalau dibahas semua, produk yang saya gunakan lagi paling Picasa Web Album, Google Docs dan Aplikasi mobilenya. Selain itu yang lain beberapa beum pernah nyoba seperti Panoramio dan Picnik, sepertinya menarik.    

Categories: , , , , ,

0 komentar:

Copyright © Johannes Dwi Cahyo | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑